GURU NGAJI: Sebuah Potret Hidup Aktivis Dakwah

Guru Ngaji adalah sebuah film bergenre drama dengan durasi 103 menit. Ia bercerita tentang Mukri, seorang guru ngaji yang untuk memenuhi kebutuhan hidup, maka, ia memiliki pekerjaan sebagai badut di sebuah atraksi pasar malam. Tidak ada satupun orang yang mengetahui tentang hal itu, bahkan istri dan anaknya tidak ia beritahu.

Sampai suatu hari, karena sesuatu hal, Mukri mengalami dilema antara pekerjaan sebagai badut atau guru ngaji. Persoalan tidak berhenti sampai disitu, ada lagi sebuah kesempatan yang bagus tetapi membuat kebimbangannya bertambah besar.

Bagaimana jawaban akhir atas berbagai konflik yang dialami Mukri? Silahkan tonton di bioskop ya šŸ˜ŠšŸ˜ŠšŸ˜Š

Untuk menonton Guru Ngaji ini sudah saya niatkan karena berbagai review yang bagus tentang film ini, juga ada kesan personal secara ayah, suami dan teman-teman saya banyak yang berprofesi sebagai seorang guru mengaji juga.

Seperti biasa, saya selalu berekspektasi biasa saja tetapi ternyata film Guru Ngaji ini sukses membuat saya marah, tertawa, terharu dan merenung. Campur-campur pokoknya. Dari segi akting, Donny Damara sukses memerankan perjuangan dan idealisme seorang bapak, saya juga menikmati akting pemain lain seperti istri Mukri, Parmin, Ismail bahkan Yanto. Saya juga suka settingnya yang mengambil lokasi sebuah pasar malam, tempat yang sudah mulai diabaikan oleh orang zaman now kayaknya ya.

Omong-omong, saya memang tipe penikmat film dengan kisah sederhana, realistis tetapi menyentuh hati, jadi saya suka banget dengan film Guru Ngaji. Alur ceritanya cepat, konfliknya banyak, unsur dramanya dapat dan kocaknya juga pas. Saya menyukai interaksi keluarga antara Mukri, Istri Mukri dan Ismail, terharu dengan persahabatan dan kerjasama Mukri, Parmin dan Koh Alung, dan terbawa persaingan kocak antara Parmin dan Yanto.

Film Guru Ngaji adalah film bagaimana kita harus menjalani hidup dengan baik walau banyak kesulitan tetapi terus meyakini bahwa dibalik kesulitan ada kemudahan. Film ini juga memotret kehidupan para guru ngaji, umumnya, dan semua aktivis dakwah, khususnya. Bagaimana kadang kepentingan antara terus berdakwah atau mencari nafkah harus dicari titik temunya. Satu lagi, dakwah itu tidak mudah, kita akan bertemu dengan hal atau orang yang akan berusaha menggoda kita menggadaikan idealisme tetapi yakinlah juga bahwa pasti ada orang-orang yang akan mendukung kita. Setiap kebaikan akan berbalas kebaikan, kan?

Terakhir, terimakasih kepada tim film Guru Ngaji yang sudah memberikan tontonan yang sangat baik. šŸ˜Š

Dan kita semua sebagai penikmat film, Yuk dukung film baik untuk masa depan yang lebih baik šŸ˜Š

Iklan

2 pemikiran pada “GURU NGAJI: Sebuah Potret Hidup Aktivis Dakwah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s