Cara Asyik Hafal Qur’an

Kalau kita itu Muslim pasti pernah dong membaca Qur’an. Pernah engga kefikiran kayaknya asyik ya lihat oranglain bisa baca Qur’an dengan lancar dan fasih tanpa harus membuka Qur’an lagi? masyaAllah gitu kan. InsyaAllah kalau iri sama orang yang hafal Qur’an itu iri yang berfaedah.

Nah, suatu hari saya mengobrol dengan seorang teman yang seorang Hafidzah alias hafal Qur’an gitu, dan Alhamdulillah dia kasih tips metode asyik buat menghafal Qur’an. Daripada saya timbun sendiri, lebih baik saya share di blog kan yang mudah-mudahan ada yang berminat untuk menghafal Qur’an juga. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Belajar tahsin
Tahsin adalah cara memperbaiki bacaan Qur’an. Sebelum masuk untuk menghafal Qur’an, baiknya kita perbaiki bacaan Qur’an dahulu agar ketika sudah hafal, cara baca kita tidak salah karena memperbaiki bacaan Qur’an ketika sudah hafal atau belum hafal ayatnya itu beda lho.

2. Selama proses menghafal Qur’an hanya pakai satu Qur’an saja
Kenapa? Fungsinya supaya memori kita menyimpan letak ayat yang akan kita hafal dengan baik. Bagaimanapun menghafal Qur’an bukan hanya isi ayatnya saja tetapi juga urutan ayat tersebut. Jadi, supaya sudah tercetak dengan jelas di otak, usahakan hanya memakai satu Qur’an saja.

3. Disiplin dengan target pribadi
Disiplin memang salahsatu kunci sukses dalam hal apapun termasuk dalam proses menghafal Qur’an. Misalnya kita sudah ada target pribadi setelah sholat subuh harus menghafal minimal 2 ayat maka kita disiplinkan itu. InsyaAllah lama kelamaan hafalan Qur’an akan semakin banyak jika kita bisa mengatur waktu.

4. Sebelum ayat yang satu hafal dengan baik, jangan pindah ayat dulu
Iyes, optimalkan hafalan satu ayat tersebut. Biarkan memori dan hati merekam dengan baik tentang ayat tersebut supaya susah hilangnya.

5. Baca terjemahannya juga
Buat kita yang ga bisa bahasa arab paling enak sambil ngafal itu sambil baca terjemahnya karena biasanya jika ada ayat yang kita tahu artinya dan berkesan banget, lebih nempel di otak gitu.

6. Ulangi ayat yang sudah kita hafal dalam bacaan sholat
Kata dia, ini jurus paling jitu. Ketika kita sudah mencoba mengulangi hafalan dalam sholat insyaAllah itu ayat bakal nempel banget, apalagi ketika sholat tahajud, itu sangat baik sekali.

Nah, itulah 6 tips asyik menghafal Qur’an. Masih bilang ngafal Qur’an itu susah? Yuk ah berlomba-lomba dalam kebaikan 😊

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s