Umroh (semi) Backpacker

Alhamdulillah tanggal 23- 30 Oktober kemarin, saya berkesempatan umroh bareng suami. Nah travel yang saya ikuti sebenarnya bukan murni travel tetapi dari komunitas dengan sistem sharecoast. Sharecoast itu kalau bahasa sehari-harinya adalah sistem patungan. Para backpacker sedunia insyaAllah hafal dengan istilah ini.

Awal dari pemberangkatan umroh ini adalah admin komunitas share biaya tiket. Alhamdulillah kemarin dapat Garuda yang direct flight Jakarta- Jeddah pulang pergi dengan harga 16juta/orang. Kata orang itu murah banget, tapi saya mah katro ga pernah naik garuda jadi hayu aja ikut… Wkwkwk. Waktu tunggu dari pembelian tiket sampai keberangkatan itu sekitar 8-10 bulan.

Setelah tiket di tangan. Admin komunitas membuat grup whatsapp yang fungsinya untuk koordinasi biaya lainnya. Disitu dijelaskan terang benderang masing-masing biaya, karena ini komunitas bukan travel jadi menganut sistem terbuka. Oia, walau ini komunitas tetapi untuk mengeluarkan visa kudu via travel karena sudah rahasia umum kalo urus visa ke saudi rada susah kalo perorangan jadi mau ga mau tetap harus lewat travel.

Tiket udah beres jadi mari kita bicara tentang biaya-biaya lainnya untuk pergi kesana dan selama disana, rinciannya sebagai berikut:

πŸ’² Pembayaran dalam bentuk $ usd

  • Hotel bintang 3 dengan kamar Quad (1 kamar isi 4 jamaah)$385
  • Visa Umroh $90
  • Biaya Asosiasi $15
  • Asuransi $6

πŸ†” Pembayaran dalam Rupiah

  • Biaya koper, batik, tas paspor dan pernak pernik Rp. 700.000
  • Biaya Administrasi sebesar Rp. 300.000
  • Biaya Mahrom Rp. 500.000

Jadi, jumlah semuanya DILUAR tiket adalah $496 + Rp 1,5jt untuk biaya satu orang.

Dan info penting nih, bagi yang setahun sekali umroh maka ada biaya sekian ribu dollar juga dari KBSA, jadi kalo niat umroh hematnya 2 tahun sekali supaya ga kena biaya lebih yang lumayan banget itu πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Nah, bagi teman-teman yang ada niat umroh dan kepo maksimal umroh semi backpacker ini, cuss join ke grup facebook “Umroh Tiket Murah”. Disana banyak info umroh murah, yang plus plus juga ada seperti plus Aqso, Turki, Mesir, swiss, dll. Bawaannya pengen lebih ikhtiar kerja dan do’a lagi saja kalo tengok grup itu, hehehe.

Iklan

5 pemikiran pada “Umroh (semi) Backpacker

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s